Home Hukum Ini Kronologis Sebelum Bom Bunuh Diri Meledak

Ini Kronologis Sebelum Bom Bunuh Diri Meledak

Medan, Gatra.com - Polisi menyebutkan, jika pelaku peledakan bom bunuh diri, Rabbial Muslim Nasution (24), mengaku jika maksud kedatangannya untuk mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Memang, pembukaan CPNS membuat banyak masyarakat mulai menyiapkan berkas yang diperlukan. Salah satunya data yang penting, yakni SKCK.
 
"Saat akan masuk kedalam, ditanya petugas jaga mau kemana? Kedalam urus SKCK jawabnya," tutur Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja kepada wartawan dirumah kontrakan Rabbial Jalan Pasar 1 Marelan, Gang Melati 8, Kelurahan Tanah 600, Medan Marelan, Rabu (13/11).
 
 
Tatan menambahkan, prosedur pemeriksaan pun dilakukan sebelum pria akrab disapa Dedek itu masuk ke kompleks Mapolrestabes Medan. Mulai dari diminta membuat jaket hingga pemeriksaan tas. "Diperiksa dalam tas ada buku dan disuruh buka jaket. Dia sempat buka sebo dan sempat jatuh sebonya," sebutnya.
 
Namun, banyaknya pemohon SKCK yang datang, bertepatan dengan pergantian piket, membuat perhatian petugas teralihkan. Gerak gerik Dedek yang mencurigakan, petugas memanggil dan menyusulnya saat masuk kedalam.
 
 
Hingga tepat didepan gedung Satintelkam Polrestabes, suara dentuman keras terdengar dan Dedek tewas mengenaskan. "Saat masuk itu dia pakai jaket. Kita tidak tahu pasti dari mana bahan peledak itu dibawanya. Karena pas diperiksa pertama kali tidak ada," jelas perwira melati tiga itu.
 
Dari rekaman CCTV yang beredar, terlihat seseorang pria memakai jaket ojek online dan membawa tas punggung masuk kedalam kompleks Mapolrestabes Medan. Posisi pria tersebut berada ditempat parkir kendaraan truk polisi, tepatnya didepan gedung Satintelkam. Ledakan diyakini terjadi sekitar pukul 08.30 WIB.
 
 
Akibat ledakan itu, turut melukai petugas, PNS hingga warga yang sedang mengurus SKCK. Ada pun yang terluka, Kasi Propam Polrestabes Medan Kompol Abdul Mutolip, luka robek tangan kanan, KasubBag Bin Ops Polrestabes Medan Kompol Sarponi  mengalami luka robek bokong sebelah kanan.
 
Kemudian, anggota Propam  Polrestabes Medan Aipda Deni Hamdani luka-luka terkena serpihan. Juga anggota Propam lainnya, Bripka Juli Chandra telinga sebelah kanan tidak bisa mendengar, PHL Bag Ops Ricard Purba luka memar di wajah dan lengan dan Ihsan Mulyadi Siregar (27) Jalan Bakti Suka Dono Dusun IV Kel. Tanjung Gusta Kec Sunggal, luka di pinggul sebelah kiri terkena serpihan.
 
Reporter: Iskandar
132