Home Gaya Hidup Malioboro Tanpa Kendaraan, Warga Bebas Sepedaan

Malioboro Tanpa Kendaraan, Warga Bebas Sepedaan

Yogyakarta, Gatra.com - Uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor pada Selasa (19/11) berjalan lancar. Pengunjung menikmati suasana di jalan sentra wisata dan niaga di pusat Kota Yogyakarta tersebut.
 
Warga dan wisatawan pun menikmati berbagai aktivitas secara santai, seperti jalan-jalan dan bersepeda. Salah satu warga, Winda (27), mengatakan Malioboro tanpa kendaraan bermotor menjadi daya tarik untuk berfoto. 
 
"Kalau saya sukanya mudah buat foto-foto. Bisa bebas, tidak khawatir ada kendaraan," kata warga Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kepada Gatra.com, Selasa (19/11).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho, mengatakan hasil uji coba hari ini akan menjadi tambahan data. Malioboro biasanya bebas kendaraan bermotor pribadi  pada hari pasaran Selasa Wage atau setiap 35 hari. Saat itu, para pedagang juga libur.
 
Namun kali ini, pada hari Selasa Pon, Malioboro juga dikhususkan bagi pejalan kaki. "Selasa Pon ini PKL (pedagang kaki lima) tetap ada," katanya. 
 
Agus tak menyatakan jadwal ini akan digelar lagi pada Selasa Pon berikutnya. Ia hanya mengatakan uji coba jalan yang biasanya padat kendaraan untuk pedestrian ini sebagai bahan pertimbangan untuk memutuskan kebijakan selanjutnya.
153