Home Kesehatan Pemkab Simalungun Akan Bantu Biaya Pengobatan Pasien Difteri

Pemkab Simalungun Akan Bantu Biaya Pengobatan Pasien Difteri

Simalungun, Gatra.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun berencana akan membantu biaya pengobatan pasien difteri asal Simalungun. Saat ini tiga pasien difteri asal Simalungun dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan.
 
Hasil penelusuran Gatra.com diketahui orang tua dari pasien suspek difteri merupakan keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. Belum lagi, pasien ini diketahui merupakan pasien umum di RSUP Adam Malik Medan.
 
 
"Sudah. Sudah komitmen. Baru saja saya berkomunikasi dengan kepala dinas terkait bantuan terhadap pasien suspek difteri," aku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun Rudi Pangaribuan, Jumat (6/12).
 
Selanjutnya ia menyampaikan, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan pihak RSUP Adam Malik. Koordinasi sekaitan dengan besaran anggaranya yang harus ditanggung terhadap tiga pasien yang sedang dirawat.
 
 
Dijelaskanya, alokasi anggaran terhadap pasien difteri ini direncanakan dari Dinas Sosial. "Makanya besaran anggaranya harus kita lihat dulu berapa. Saat ini kita berkoordinasi dengan Dinas Sosial. Jadi bisa diantisipasi terkait anggaran tersebut," imbuh Rudi.
 
Namun, ia belum bisa memastikan apakah biaya perobatan ditanggung seluruhnya oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun. "Kita belum bisa pastikan. Karena kita masih koordinasi dengan satu dan lainya. Ketika besaran anggaran sudah valid baru bisa kita pastikan," ujarnya.
310