Home Kebencanaan Hengky Kurniawan Tinjau Warga Terdampak Banjir

Hengky Kurniawan Tinjau Warga Terdampak Banjir

Bandung Barat, Gatra.com - Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bersama Istri Sonya Fatmala meninjau lokasi banjir di Kp. Pajagalan RT 05 RW 02, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang, Rabu (1/1). 

Selain melihat kerusakan akibat banjir, mereka datang untuk memastikan bahwa penanganan terhadap korban banjir telah dilakukan dengan cepat oleh pemerintah daerah. Terutama ketersediaan logistik dan obat-obatan. 

"Masyarakat diminta tidak panik, karena pemerintah saat ini telah terjun langsung untuk menanggulangi bencana (banjir) ini," papar Hengky di lokasi. 

Seperti diketahui, pada Selasa (31/12) kemarin, ada 11 kejadian bencana banjir di KBB, meliputi 11 desa di kecamatan Ngamprah dan Padalarang. BPBD mencatat tak kurang 462 KK atau 1.529 jiwa terdampak. 

Pemda KBB disebut telah mendirikan posko logistik dan pengobatan di 11 titik banjir itu. Dalam waktu dekat ia akan mengadakan rapat untuk meningkatkan status bencana menjadi tanggap darurat.

Petugas gabungan saat ini tengah fokus membersihkan rumah warga yang terkena lumpur dibawa banjir. Untuk mempercepat pekerjaan, pemda bakal menambah alat untuk memberikan lumpur dan alat berat untuk memperbaiki tanggul jebol. 

"Tadi ada keluhan dari warga soal alat kebersihan dan excavator untuk memperbaiki tanggul. Kita akan sediakan segera," paparnya.

Lebih jauh, Hengky mengimbau masyarakat tak menyalahkan pihak manapun terkait bencana banjir ini. Ia minta semua pihak menjadikan banjir sebagai teguran agar tak membuang sampah sembarangan ke sungai.

242