Home Kebencanaan Cegah Virus Corona, Menhub Ajak Stakeholder Rapat

Cegah Virus Corona, Menhub Ajak Stakeholder Rapat

Jakarta, Gatra.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan akan melakukan sejumlah upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona masuk ke wilayah Indonesia. 

Budi menyebut hingga kini pemerintah belum mengeluarkan "travel warning" ke sejumlah negara yang terdampak virus baru, yang berasal dari Cina itu. 

"Soal (virus) corona, saya sampaikan bahwa tadi malam Pak Mensesneg menyampaikan kepada saya, dan Presiden memberikan instruksi kepada kami untuk melakukan tindakan-tindakan yang lebih intensif, disiplin dan mempersiapkan segala hal," kata Budi kepada wartawan di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Senin (27/1). 

Menhub mengaku akan segera melakukan pertemuan dengan sejumlah stakeholder serta seluruh operator bandara, dan pelabuhan untuk membicarakan persoalan ini. Ia berharap pencegahan penyebaran virus Corona dapat teratasi. 

"Nanti siang saya mengundang Menkes, Menlu, Menteri Pariwisata, Dirjen Imigrasi, Dirjen Bea Cukai, seluruh operator pelabuhan dan bandara, untuk merapatkan langkah-langkah apa yang harus kita lakukan dalam waktu dekat ini," tuturnya. 

Budi menuturkan, Kemenhub juga telah memberikan imbauan kepada seluruh operator bandara dan pelabuhan untuk melakukan pemeriksaan intensif kepada penumpang, terutama yang berasal dari luar negeri. 

"Kita lakukan pemeriksaan yang intensif, profesional dan saya harapkan tetap sopan ya," imbuhnya. 

Budi juga mengaku telah memberikan perintah kepada seluruh petugas bandara dan pelabuhan internasional untuk menggunakan masker. Dia juga meminta jajarannya di pelabuhan dan bandara untuk melakukan koordinasi intensif dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). 
 

122