Home Politik Kalahkan Nurmansjah Lubis, Riza Patria Jadi Wagub Baru DKI

Kalahkan Nurmansjah Lubis, Riza Patria Jadi Wagub Baru DKI

Jakarta, Gatra.com - Ahmad Riza Patria terpilih jadi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022. Riza unggul dari pesaingnya, Nurmansjah Lubis dalam pemilihan Wagub yang digelar DPRD DKI Jakarta.

Sebanyak 100 anggota dewan hadir dalam pemilihan Wagub DKI. Mereka berasal dari sembilan fraksi, yakni PDI-Perjuangan, Gerindra, PKS, Partai Amanat Nasional (PAN), PSI, NasDem, Demokrat, Golkar, Fraksi PKB-PPP.

Meski demikian, ada 2 suara yang dianggap tidak sah sehingga total suara yang dihitung hanya 98 suara. Dari jumlah tersebut, Riza mengantongi 81 suara sementara Nurmansjah 17 suara.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, DPRD DKI Gelar Pemilihan Wagub

“Berdasarkan hasil penghitungan suara pemilihan Wakil Gubernur sisa masa jabatan 2017 2022, ditetapkan saudara Ahmad Riza Patria menjadi Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih di sisa masa jabatan 2017-2022,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi dalam Rapat Paripurna Pemilihan Wagub DKI yang disiarkan langsung dalam akun Youtube Pemprov DKI Jakarta, Senin (6/4).

Pemilihan Wagub DKI sempat berpolemik lantaran DPRD yang merencanakan agenda tersebut tak disiarkan secara langsung. Tak setuju dengan rencana tersebut, Fraksi PSI berniat tak hadir dalam Rapat paripurna pemilihan.

Detik-detik jelang pemilihan berlangsung, akhirnya DPRD memutuskan untuk menyiarkan pelaksanaan agenda tersebut. Sementara itu, enam anggota Fraksi PSI datang terlambat dan tak bisa menggunakan hak suaranya.

129