Home Kebencanaan Gawat, Positif Covid di Sumut Mencapai 200 Orang

Gawat, Positif Covid di Sumut Mencapai 200 Orang

Medan, Gatra.com – Pasien positif corona di Sumatera Utara (Sumut) yang dikonfirmasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 mencapai 200 orang. Angka tersebut dinilai sudah menunjukkan tanda yang sangat mengkhawatirkan.

Juru Bicara (Jubir) GTPP Covid-19 Sumut, Mayor dr Whiko Irwan mengatakan angka positif covid tersebut merupakan angka terakhir yang dikonfirmasi pada hari Rabu (13/5) pukul 16:00 wib. Whiko Irawan menjelaskan bahwa tingginya angka tertular dan positif covid itu sudah menunjukkan kondisi yang sangat mengkhawatirkan.

Karena itu masyarakat harus mengikuti anjuran pemerintah menjalankan protokoler kesehatan. "Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 162 orang dan meninggal dunia sebanyak 24 orang. sementara jumlah sembuh 53 orang," jelasnya dalam siaran pers live streaming, di Medan, Rabu (13/5).

Whiko Irawan juga mengatakan bahwa seluruh pihak berharap agar wabah covid 19 dapat berakhir. Namun hal itu sangat sulit untuk dirasakan karena masyarakat masih sangat banyak yang tidak mengikuti anjuran pemerintah.

“Mari kita sama-sama mendukung memutus rantai penularan covid 19. Menjaga keluarga sehat tanpa corona. Serta berdoa agar masyarakat yang sudah tertular cepat sembuh dan sehat seperti sedia kala,” terangnya.

Whiko mengatakan agar masyarakat tetap menjalankan anjuran pemerintah khususnya menghindari kerumunan dan menjaga jarak. Termasuk mencuci tangan serta menggunakan masker apabila keluar dari rumah. Karena hanya dengan itu mata rantai penularan covid 19 dapat diputus.

Whiko Irawan menambahkan saat ini sejumlah rumah sakit rujukan terus melakukan pelayanan dan penanganan kasus covid 19. Seperti rumah sakit GL Tobing yang saat ini menangani 11 pasien dan 6 positif, Martha Friska merawat 40 pasien dan 13 positif, RSUP Adam Malik merawat 15 pasien dan 5 diantaranya positif,” jelasnya.

2459