Home Milenial KKN MIT DR UIN Walisongo Selenggarakan Ngaji Online

KKN MIT DR UIN Walisongo Selenggarakan Ngaji Online

Semarang, Gatra.com- Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terpadu dari Rumah (KKN MIT DR) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang mengadakan kegiatan Ngaji Online pada Rabu (22/7) melalui platform aplikasi Zoom. Mengusung topik pembicaraan terkait menangkal virus Covid-19 Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Imam Taufik menjadi pembicara dalam kegiatan ini.

Ketua LP2M UIN Walisongo, Akhmad Arif Junaidi dalam pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan KKN secara daring ini pertama kali diselenggarakan oleh kampus.

Arif  juga menambahkan kegiatan KKN dari rumah  ini dilaksankan akibat pandemi covid19 yang mengharuskan seluruh lapisan masyarakat melakukan perbatasan. "Selain pembelajaran, layanan akademik,KKN juga dilaksanakan dari rumah masing-masing dan ini pertama kali dilaksanakan", jelas Arif.

Memasuki kegiatan inti, Rektor UIN Walisongo Imam Taufik menyampaikan kondisi lingkungan yang mulai melonggarkan protokol kesehatan. Banyak daerah di lingkungan Kampus UIN Walisongo seperti cafe, warung makan dan angkringan ramai dengan masyarakat berkumpul. "Akhir-akhir ini masyarakat mulai melonggarkan protokol kesehatan, sekitar kampus mulai ramai dengan aktivitas", paparnya.

Pada kesempatan ini rektor juga berpesan kepada seluruh masyarakat akademisi kampus UIN Walisongo dan mahasiswa KKN UIN Walisongo turut aktif dalam sosialisasi dan pencegahan covid19.

Imam Taufik juga mengemukakan gagasan tentang new campus order yaitu terkait adaptasi baru pola belajar di kampus. Upaya ini diwujudkan dalam bentuk Walisongo Smart Academic yang mencakup proses pembelajaran, praktikum & KKN, kebijakan wisuda hingga layanan akademik.

Hal lain seperti Feature dan Platform digital UIN Walisongo akan dimaksimalkan ke depannya. "Tatanan kampus baru harus kita usung, sebagai mitigasi dan adaptasi menghadapi perubahan".

Dalam akhir pembahasan, rektor menyampaikan dampak pandemi covid19 dalam pandangan islam. Ada empat point utama yang disampaikan dalam kegiatan ini mulai dari aspek Teologi, proses terjadinya bencana pandemi, solusi mengatasi permasalahan hingga hikmah yang dapat diambil dari peristiwa tersebut.

Selaku rektor Imam Taufik juga berpesan kepada seluruh mahasiswa UIN untuk tetap produktif selama pademi ini. Untuk seluruh Mahasiswa UIN jangan terlalu banyak melakukan kondisi yang tidak produktif. Cari peluang untuk produktif, seperti menulis dan membaca tandasnyaa diakhir acara.

267