Home Ekonomi Asisten Stafsus: Wapres Telah Beri Arahan soal Koordinasi SDA Desa

Asisten Stafsus: Wapres Telah Beri Arahan soal Koordinasi SDA Desa

Jakarta, Gatra.com – Asisten Staf Khusus Wakil Presiden (Wapres) bidang Ekonomi dan Kemiskinan, Dr. Tri Chandra Aprianto, mengatakan bahwa Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin telah memberikan arahan untuk mengoordinasi semua pihak terkait soal sumber daya alam (SDA) untuk desa.

“Arahan Wapres untuk mengordinasikan hampir semua kementerian terkait yang mengenai sumber daya alam,” kata Tri dalam Focus Group Discussion (FGD) bertakuk “Sosialisasi dan Strategi Komunikasi Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD)” di Jakarta pada Kamis (25/11).

Adapun pihak terkait untuk memajukan desa, di antaranya Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“KKP soal desa di wilayah pesisir ini harus menjadi satu potret dan bisa lintas kelembagaan,” ujar Tri dalam acara yang dihelat secaya hybrid tersebut.

Tri mengungkapkan, produk-produk turunan yang ada di desa harus dioptimalkan. Desa harus memiliki minimal satu produk yang sesuai dengan ketentuan.

“Produk-produk yang kemarin dikampanyekan one village one product, ini saya kira ini perlu didorong bagaimana komunikasi ini dibantu. Komunikasi tentang potensi yang sangat besar di desa, ini juga jadi satu kajin nantinya,” ujarnya.

Selanjutnya, kalau kemudian berbicar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), lanjut Tri, puluhan ribu BUMDes yang telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus dicek ulang.

“Itu ternyata setelah dicek langsung hanya puluhan saja bisa dikatkan sesuai dengan kriteria yang sudah digariskan,“ ujarnya.

429