Home Internasional Kelompok Bersenjata Tembak 14 Wisatawan di Pakistan

Kelompok Bersenjata Tembak 14 Wisatawan di Pakistan

838

Balochistan, Gatra.com - Sedikitnya 14 wisatawan tewas setelah ditembak oleh kelompok bersenjata di daerah terpencil sebelah barat daya, Balochistan. Para wisatawan tersebut dikeluarkan dari beberapa bus dan dibawa ke sebuah lokasi lain kemudian ditembak mati.

"Mereka diidentifikasi sebagai orang di luar Baloch dengan cara mengecek KTP dan kartu pegawai. Para pelaku membawa mereka ke pegunungan sekitar dan menembak mati setelah mengikat tangan para korban," kata Menteri Informasi Provinsi, Zahoor Buledi seperti dikutip dari Aljazeera, Kamis (18/4).

Menurut keterangan seorang pegawai kesehatan lokal, Muhammad Musa, para korban rata-rata ditembak di kepala. "Tidak ada luka (di tempat lain). Mereka semua langsung meninggal," jelasnya.

Sementara itu Menteri Provinsi, Zia Langove mengonfirmasi peristiwa tersebut dan mengatakan sebuah operasi tengah dilangsungkan untuk mencari para pelaku. "Kita tentu saja akan melacak sebab-sebab berhubungan dengan keamanan di rute tersebut. Meski rute dari Karachi ke Gwadar panjang sekali," sebut Zia.

Rombongan bus membawa para penumpang yang menjadi korban tersebut dari kota pelabuhan Gwadar ke Karachi yang berjarak sekitar 630 km.

Untuk diketahui, aparat keamanan Pakistan telah lama berseteru dengan kelompok separatis dari etnik Baloch. Kelompok bersenjata yang menginginkan kemerdekaan tersebut seringkali menyerang aparat keamanan dan pemerintah di wilayah Balochistan, provinsi Pakistan yang terluas namun berpenduduk paling sedikit.


 

Reporter: MIH

Editor: Flora L.Y. Barus

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS