Home Ekonomi Transaksi di Internet Orang Indonesia Capai USD 27 Miliar

Transaksi di Internet Orang Indonesia Capai USD 27 Miliar

Jakarta, Gatra.com - Kepala Marketing Konsumen Google Indonesia, Fibriyani Elastria mengatakan, Indonesia menjadi salah satu negara dengan perkembangan internet tercepat di Asia Tenggara.

Fibriyani menambahkan, perkembangan itu terlihat di beberapa sektor, seperti aplikasi permainan atau game, konten media sosial hingga perbelanjaan.

 

Di sektor perbelanjaan sendiri, internet ekonomi Indonesia mencapai USD 27 miliar pada 2018. Fibriyani menyebut, angka tersebut bakal berkembang empat kali lipat 2025 menjadi USD 100 miliar. "Itu segala transaksi yang terjadi di internet," jelas Fibriyani saat ditemui di Plaza Senayan, Kamis (19/6).

 

Tingginya internet ekonomi Indonesia, kata Fibriyani, didukung oleh pihak terkait, misalnya e-Commerce, travel dan gaming. "Indonesia menjadi salah satu player yang sudah sangat dominan secara global, bukan cuma buat Asia Tenggara," ucap Fibriyani.

 

Lebih lanjut, Fibriyani menjelaskan penyebab tingginya nilai internet ekonomi atau penggunaan internet secara umum, yakni karena pengguna ponsel dan internet yang sudah menyebar dari kota kecil hingga kota besar.

 

Selain itu, ponsel yang dipasarkan kini sudah sangat beragam dengan fitur yang sangat memudahkan pengguna. Harga yang ditawarkan pun bisa terjangkau masyarakat. "Jenis smartphone sekarang sudah banyak yang lebih affordable dengan banyaknya pemain, misalnya ponsel China," kata Fibriyani.

 

 

Sepaket dengan ponsel, banyak provider yang menawarkan data internet dengan harga yang terjangkau, sehingga membuat pengguna lebih mudah memakai dan mengakses internet. "Itu membuat konsumsi di digital semakin tinggi," tandas Fibriyani.