Home Kebencanaan Rumah Warga Terkena Dampak Gempa Maluku akan Dibangun Swadaya

Rumah Warga Terkena Dampak Gempa Maluku akan Dibangun Swadaya

90
Ambon, Gatra.com - Kondisi Masyarakat Maluku yang terdampak gempabumi telah mendorong pemerintah daerah dengan melibatkan TNI-Polri serta seluruh stakholder terjun ke lapangan untuk membantu masyarakat membenahi negeri atau desa-desa yang terkena imbas pascagempa.
 
"Pascagempa kita harus segera melakukan tindakan pemulihan. Antara lain memperbaiki sekolah yang rusak, rumah warga yang rusak, jalan yang rusak dan lain sebagainya," ujar Penjabat Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang, saat kegiatan Karya Bakti di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupten Maluku Tengah, Jumat (18/10/2019).
 
Untuk bangunan sekolah yang tidak layak digunakan, Kasrul katakan pihaknya akan menyiapkan sekolah darurat dalam bentuk tenda atau dalam bentuk lainnya.
 
"Paling penting adalah menangani rumah yang rusak, baik rusak ringan, sedang maupun berat telah disepakati bersama warga untuk dikerjakan secara swadaya. Pendananannya akan dikelola secara swadaya dan dana akan ditransfer masuk ke rekening masyarakat," paparnya.
 
Kasrul menambahkan, bahwa pemerintah akan mendampingi masyarakat hingga kembali tinggal di rumah.
 
"Artinya rumah dikerjakan sendiri oleh masyarakat dengan dibantu oleh TNI, Pemerintah, stakeholder lainnya dan masyarakat," pungkasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS