Home Milenial Kisah Mitra Binaan Yang Berkembang Dari Produksi Kertas

Kisah Mitra Binaan Yang Berkembang Dari Produksi Kertas

388

Jakarta, Gatra.com - Grup APRIL terkenal sebagai salah satu produsen pulp dan kertas di Asia yang telah beroperasi lebih dari 20 tahun di Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau.

Hadirnya investasi di bumi Lancak Kuning tersebut ikut menggairahkan usaha-usaha bisnis lain, termasuk mengembangkan bisnis mitra binaan yang berlokasi di sekitar wilayah operasional.

Salah satu contohnya adalah bisnis yang dijalankan Sulaiman, pemasok cangkang atau kulit kelapa yang telah diolah menjadi serbuk untuk media penanaman bibit pohon akasia, bahan baku utama dalam memproduksi kertas.

Melalui perusahaannya bernama PT Rifky Pratama Sanjaya, ayah tiga anak ini mengatakan, perekonomian keluarganya menjadi meningkat drastis sejak bergabung menjadi mitra binaan PT RAPP, unit usaha Grup APRIL.

Bahkan ia mampu memperoleh keuntungan bersih sekitar Rp30 juta per bulan.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Zumhur, mitra binaan RAPP yang berprofesi sebagai pemasok lembaran kayu untuk bahan baku pembuatan bubur kertas.

Bahkan, ia dapat menunaikan ibadah haji sebanyak tiga kali dan menyekolahkan anak hingga tingkat perguruan tinggi.

Tidak hanya itu, mitra binaan RAPP juga sudah dapat menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar.

Pemilik PT Kerinci Bersaudara, Jufri memperkerjakan 22 orang untuk menyuplai kebutuhan perusahaan sebagai media tanam bibit pohon akasia, sebagai bahan baku pulp dan kertas.

Dengan bisnis arang sekam yang ditekuninya ini, Jufri kini secara rutin memasok sebanyak 30 ton arang sekam ke RAPP setiap tiga bulan sekali dengan harga Rp 3.000 hingga Rp 5000 per kilogram.

Bahkan, ia telah membuka tiga tempat pengolahan arang sekam. Salah satu lokasi berada tepat disebelah rumahnya di Pangkalan Kerinci.

"Dan inshaAllah, dalam waktu dekat saya akan membuka cabang di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)," ujarnya.

Pencapaian mitra binaan RAPP mendapatkan apresiasi dari Manager Community Development RAPP, Sundari Berlian. Ada 177 mitra binaan yang jenis usahanya langsung berkaitan dengan operasional perusahaan industri kehutanan.

Jenis usahanya mulai dari kontraktor palet, penyedia tenaga kerja, sarana transportasi, "water tank", nursery, hingga penanaman dan pemanenan tanaman industri.

"Apalagi berdasarkan data asosiasi Pulp dan kertas Indonesia (APKI) menyatakan industri pulp dan kertas memberikan kontribusi terhadap nilai ekspor nasional sebesar 5,6 miliar per tahun.

Selain itu menyerap tenaga kerja langsung dari hulu sampai hilir sejumlah 2,1 juta orang," katanya.

Dikatakannya, berkat kerja sama dengan PT RAPP, warga setempat bisa dengan mudah mendapatkan akses perbankan untuk mendapat modal, yakni menggunakan kontrak PO (purchase order) sebagai jaminannya. Dari 177 mitra RAPP ini, bisa menyerap tenaga kerja sampai 3.300 orang.

Sebagai informasi, Grup APRIL membangun kemitraan dengan masyarakat sebagai bentuk dari tanggung jawab sosial perusahaan.

Kemitraan ini ditunjukan dengan memberdayakan dan mendorong kemandirian masyarakat setempat.

Selama hampir dua dekade, Grup APRIL telah berkontribusi pada pembangunan masyarakat di Provinsi Riau dengan membantu menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup melalui berbagai program pembangunan ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Khususnya lewat program Community Development (CD)

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS