Home Olahraga Gara-gara Rusia, Prancis Condong ke Liverpool, Ukraina Memihak Real Madrid

Gara-gara Rusia, Prancis Condong ke Liverpool, Ukraina Memihak Real Madrid

76

Paris, Gatra.com – Liverpool dan Real Madrid akan berebut menjadi yang terbaik dalam kompetisi Liga Champions musim ini. Kedua tim akan berduel di partai final di Stade de France, Paris, Minggu (29/5) dini hari WIB.

Ini merupakan final ke-17 bagi Real Madrid. Adapun bagi Liverpool, ini merupakan partai puncak yang ke-10. Sejauh ini, Madrid telah merebut 13 gelar juara. Sementara Liverpool 6 kali.

Baca Juga:

Nicolo Zaniolo Tempel Rekor Alessandro Del Piero

Artinya, kedua tim sama-sama pernah 3 kali gagal menjadi juara setelah mencapai babak final. Madrid mengalaminya pada tahun 1962, 1964, dan 1981. Sementara Liverpool pada tahun 1985, 2007, dan 2018.

Uniknya, kedua tim pernah saling mengalahkan di babak final. Kekalahan Real Madrid dari Liverpool terjadi pada tahun 1981. Saat itu, Los Blancos menyerah dengan skor 1-0 dalam laga digelar di Parc des Princes, Paris.

Adapun kekalahan Liverpool dari Real Madrid terjadi di tahun 2018 lalu. Dalam laga yang digelar di Olympisky Stadium, Kiev, Ukraina, Liverpool menyerah dari Madrd dengan skor 3-1.

Baca Juga:

Jose Mourinho Ukir Catatan Apik, AS Roma hingga Italia Ketiban Berkah

Semula, UEFA menetapkan Stadion Krestovsky di Saint Petersburg, Rusia, sebagai venue final Liga Champions pada musim ini. Namun, lokasi partai puncak turnamen antarklub Eropa itu dipindah ke Paris. Invasi Rusia ke Ukraina menjadi penyebab dipindahnya lokasi final.

Hanya saja, Madrid juga pernah membuat catatan manis di Stade de France pada musim 1999/2000. Saat ini, Madrid menjadi juara Liga Champions usai mengalahkan Valencia dengan skor 3-0.

Musim ini, Liverpool mengakhiri pertandingan kualifikasi di Grup B dengan status juara. The Reds unggul atas Atletico Madrid, Porto, dan AC Milan. Bahkan Liverpool mampu sapu bersih seluruh laga. Mereka berhasil menang 6 kali dari 6 pertandingan penyisihan Grup.

Baca Juga:

Xabi Alonso Galau, Sebut Real Madrid dan Liverpool Sama-sama “Monster Mentalitas”

Di babak 16 besar, pasukan Jurgen Klopp ini menyingkirkan Inter Milan dengan skor agregat 2-1. Lalu di babak perempat final, mereka menyingkirkan Benfica dengan skor agregat 6-4. Di babak semifinal, The Reds menyingkirkan Villarreal dengan skor agregat 5-4.

Adapun Real Madrid sempat mengawali penyisihan Grup dengan kekalahan. Mereka takluk dari tim asal Moldova, Sheriff. Namun kemudian Madrid mampu menyapu lima laga sisa dengan kemenangan. Madrid pun mengungguli Inter Milan, Sheriff, dan Shakhtar Donetsk.

Los Blancos semakin menggila di fase knock out. Di babak 16 besar, Madrid menyingkirkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor agregat 3-2. Di babak perempat final, pasukan Carlo Ancelotti ini menyingkirkan juara bertahan Chelsea dengan skor agregat 5-4. Adapun di babak semifinal mereka menyingkirkan Manchester City dengan skor agregat 6-5.

Liverpool atau Real Madrid? Kita tunggu saja!

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS