Home Internasional Hari Kemerdekaan RI, Pesan Biden untuk Jokowi, Puji Demokrasi dan Keberagaman

Hari Kemerdekaan RI, Pesan Biden untuk Jokowi, Puji Demokrasi dan Keberagaman

Jakarta, Gatra.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat atas perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Ucapan tersebut disampaikan secara langsung kepada Presiden Joko Widodo. “Atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan rakyat Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus,” ucap Biden.

Biden mengatakan, Indonesia dan AS punya banyak kesamaan terutama dalam demokrasi dan visi kemajemukan. Kedua negara telah menjunjung tinggi inklusivitas dan “jembatan” keberagaman yang kuat.

“Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia merayakan tonggak peringatan ini di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi bersama kita yaitu Bhinneka Tunggal Ika dan E Pluribus Unum,” katanya.

Indonesia, lanjut Biden, selalu menjadi mitra strategis AS dalam banyak hal. Hari Kemerdekaan RI menjadi momentum tepat untuk menguatkan kolaborasi dan kerja sama di sejumlah bidang.

“Pada Hari Kemerdekaan Indonesia ini, saya menantikan kerja sama yang akan dilakukan kedua negara kita untuk memajukan komitmen bersama terkait demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh,” pungkas Biden.