Home Politik Survei Median: Golkar, PKB dan Nasdem Mengalami Kenaikan Peringkat

Survei Median: Golkar, PKB dan Nasdem Mengalami Kenaikan Peringkat

Jakarta, Gatra.com - Survei Media Survei Nasional (Median) mencatat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mengalami kenaikan peringkat. Selain itu juga Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Direktur Eksekutif Media Survei Nasional Rico Marbun mengatakan berdasarkan perbandingan survei dari Media Survei Nasional (Median) pada Maret 2022 dan November 2022, PKB dari peringkat 5 naik ke peringkat 4. Golkar dari peringkat 4 ke peringkat 3 dan Nasdem naik dari peringkat 7 naik ke peringkat 6.

“Persentase elektabilitas Partai Golkar naik dari 8,8 persen ke 11,2 persen, PKB dari 8,6 persen ke 10,2 persen dan Nasdem dari 4,5 persen ke 7,5 persen,” kata Rico dalam acara “Peta Terkini Persaingan Partai dan Capres Pemilu 2024, Selasa (29/11).

Baca Juga: Ini Peta Koalisi Partai Politik dan Capres Versi Survei PRC-Parameter

Rico menyebut kenaikan persentase elektabilitas ketiga partai tersebut hampir dua kali lipat.

Selain itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan mengalami kenaikan masing-masing dari 2,5 persen ke 3,9 persen dan 1,0 ke 1,3.

Sementara itu, persentase elektabilitas nasional beberapa partai, ada yang menurun antara lain Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari 6,3 persen ke 5,1 persen, Partai Amanat Nasional dari 2,0 persen ke 1,3 persen.

Baca Juga: Hasil Survei Partai Demokrat Kian Moncer, Optimis Elektabilitas AHY akan Melejit

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menurun dari 1,5 persen ke 1,0 persen. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) menurun dari 1,4 persen ke 1,0 persen.

Persentase Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) juga menurun dari 0,7 persen ke 0,4 persen.

272