Home Kesehatan Danone dan Tentang Anak Edukasi Pentingnya Zat Besi & Vit C untuk Pertumbuhan Anak

Danone dan Tentang Anak Edukasi Pentingnya Zat Besi & Vit C untuk Pertumbuhan Anak

Jakarta, Gatra.com– Indonesia masih menghadapi permasalahan stunting, dimana 1 dari 4 anak di Indonesia mengalami stunting. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan masih tingginya angka stunting di Indonesia, di antaranya masih buruknya status gizi anak Indonesia, dimana anemia masih dialami sekitar 1 dari 3 anak berusia di bawah 5 tahun di Indonesia.

Anemia sebagian besar dapat disebabkan karena kekurangan zat besi.  Kondisi ini juga diperparah dengan masih kurangnya konsumsi protein masyarakat Indonesia termasuk dalam hal konsumsi daging, telur, susu maupun produk turunannya.

Hal tersebut berdampak pada 47.5% anak usia di bawah 2 tahun yang belum konsumsi makanan gizi seimbang terutama protein. Padahal, kekurangan Zat Besi dan protein hewani dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk perkembangan dan pertumbuhan yang tidak optimal, dan peningkatan risiko infeksi pada anak yang bisa berujung pada kondisi stunting.

Oleh karena itu, kondisi ini akan mengkhawatirkan jika tidak ditangani segera karena kekurangan Zat Besi dan protein hewani akan membuat anak-anak sebagai Generasi Emas Indonesia tidak tumbuh secara maksimal.

Baca juga : Tips Pola Makan Sehat dan Bergizi Sumber Pangan Lokal

Dalam momen Hari Gizi Nasional 2023, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia berkolaborasi dengan Tentang Anak yang merupakan platform edukasi dan ekosistem parenting untuk mendukung tumbuh kembang anak, memperluas upaya edukasi pencegahan stunting melalui kegiatan webinar edukasi parenting yang berlangsung secara virtual bertajuk “Kombinasi Tepat Zat Besi & Vit C untuk Memaksimalkan Pertumbuhan si Kecil” yang menyasar ratusan orang tua di Indonesia.

Dokter Spesialis Anak dan Co-Founder Tentang Anak, dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A menyambut baik kolaborasi dengan Danone Indonesia untuk menghadirkan edukasi parenting yang dilakukan dalam format konten edukasi maupun sesi diskusi dalam webinar yang bertepatan dengan momentum memperingati Hari Gizi Nasional.

“Kami berharap, melalui kolaborasi ini dapat mengedukasi lebih banyak lagi orang tua agar memahami tentang pentingnya asupan zat besi yang penyerapannya akan lebih baik dengan bantuan vitamin C, yang perannya sangat penting untuk perkembangan optimal anak, terutama untuk perkembangan otak dan kecerdasan si kecil," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/1).

Corporate Communication Director Danone SN Indonesia, Arif Mujahidin. (GATRA/ Dok Danone SN Indonesia)

Corporate Communication Director Danone SN Indonesia, Arif Mujahidin mengatakan, sebagai perusahaan yang memiliki komitmen mendukung perbaikan gizi dan pemenuhan gizi seimbang pada anak, Danone tidak hanya melakukan berbagai riset dan inovasi produk bergizi yang dibuat khusus untuk membantu menjawab tantangan kebutuhan gizi pada anak di Indonesia. Namun secara berkesinambungan memberikan edukasi mengenai pentingnya pemenuhan gizi untuk mewujudkan generasi maju.

"Hal ini kami lakukan untuk memastikan bahwa kehadiran kami dapat memberikan dampak kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat dunia dan khususnya untuk menciptakan generasi emas Indonesia,” ungkap Arif.

Baca juga : Memulai Bisnis Rumahan ala Tokopedia, Ini Tipsnya

Pada 2023 ini, melalui Hari Gizi Nasional 2023 Pemerintah mengampanyekan cegah stunting dengan protein hewani. Kolaborasi bersama Tentang Anak merupakan salah satu bentuk komitmen Danone SN Indonesia dalam mendukung pemerintah di Hari Gizi Nasional untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya asupan makanan yang kaya akan protein hewani, dilengkapi dengan kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C guna mendukung tumbuh kembang maksimal anak.

“Diharapkan melalui inisiatif tersebut, lebih banyak lagi masyarakat yang teredukasi tentang pola makan dengan gizi seimbang dalam upaya mencegah sunting agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dengan optimal untuk jadi anak generasi maju,” jelas Arif

27