Home Gaya Hidup Harga Tiket Bus di Terminal Jatijajar Melonjak lebih 100 Persen

Harga Tiket Bus di Terminal Jatijajar Melonjak lebih 100 Persen

Depok, Gatra.com - Harga tiket Bus di Terminal Jatijajar Depok terpantau melonjak naik menjelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1440 H yang diperkirakan jatuh pada Rabu (5/6).

Sejumlah karyawan perusahaan bus yang ditemui gatra.com pada Kamis (30/5/2019) menyebut harga tiket mulai dinaikkan secara bertahap pada pekan ini dan puncaknya pada hari ini.

“Sudah naik bertahap, tapi sekarang sudah naik lebih dari 100 persen. Misalnya dulu kelas Super Executive dengan harga Rp 240.000 jadi Rp 520.000 ke Jogja, mulai naiknya tanggal 25 hari ini," kata Keling, karyawan PO Handoyo, di Terminal Jatijajar, Depok,Kamis (30/5).

Keling mengatakan, besaran kenaikan harga tiket bus tergantung animo penumpang. Ia menyebut harga tiket dapat melambung hingga dua kali lipat ketika memasuki puncak arus mudik.

"Soalnya kan yang penuh bus dari arah Jakarta, dari arah timur semua kosongan, ga ada yang naik, akibat dari jalur one way yang ditetapin sama pemerintah jadi bus balik kosong semua. Nah kita buat nombok operasional bus balik kita naikin tiket" keluh Keling.

Sementara itu, Andika dari PO Gunung Harta mengakui perusahaannya juga menaikkan harga tiket bus.

"Kalau hari biasa itu mulai tanggal 30 ini itu harga bis sudah naik semua yang menuju jawa tengah, yang menuju ke jakarta kami ga beroperasi. Karena kami ga mau penumpang terlambat kelamaan mending kami kosongkan saja" ujar Andika.

Terminal Jatijajar merupakan terminal di daerah Depok yang mengoperasionalkan bus Antar-Provinsi. Bahkan menurut pengakuan petugas Terminal Jatijajar, Penumpang hari ini sudah naik lebih dari 50 persen.

"Sudah naik lebih 50 persen, karena efek tanggal sekarang libur nasional, kemungkinan besok puncaknya,” ujar Wanto, Petugas Terminal.

1400