Home Internasional Surut Hari ini, Aksi Demonstrasi di Hong Kong Diperkirakan Masih Akan Berlanjut

Surut Hari ini, Aksi Demonstrasi di Hong Kong Diperkirakan Masih Akan Berlanjut

Hong Kong, Gatra.com - Polisi terus melakukan pengawasan di Hong Kong sebagai pusat keuangan Asia usai kemelut menyusul aksi protes masif, yang telah membaik pada Jumat (13/6). Bank di Hong Kong telah dibuka kembali setelah ditutup selama aksi protes kekerasan terhadap RUU Ekstradisi yang diusulkan dengan daratan Cina.

Penjagaan tersebut bertujuan mengingat pemerintah kota tidak menunjukkan tanda-tanda kelanjutan dari RUU tersebut dan diperkirakan aksi demonstrasi akan direncanakan kembali. Dilansir dari Reuters, beberapa demonstran masih berada di sekitar kantor legislatif pada hari ini.

Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam menuturkan telah mendukung RUU ekstradisi tersebut. Ia mengatakan hal tersebut bertujuang untuk mencegah masuknya penjahat masuk ke daratan Cina namun akan tetap menjaga hak asasi manusia.

Sementara itu, Komisaris Polisi Hong Kong, Stephen Lo menuturkan polisi telah menangkap 11 orang dan menembakkan 150 tabung gas air mata kepada demostran selama aksi berlangsung.

Seorang akademisi di Universitas Hong Kong menuturkan polisi menangkap dua mahasiswanya. Sementara salah satu otoritas rumah sakit mengatakan 81 orang terluka dalam aksi demonstrasi tersebut.

Diketahui bursa saham Hong Kong turun 1,5% pada hari Kamis sebelum ditutup turun 0,1%, memperpanjang kerugian dari hari sebelumnya.

184