Home Ekonomi Jalan Lintas Timur Sumatera Lumpuh Total

Jalan Lintas Timur Sumatera Lumpuh Total

Mesuji, Gatra.com - Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera menuju Sumatera Selatan (Sumsel) lumpuh akibat dari amblesnya jembatan Way Mesuji, yakni jembatan penghubung Sumatera Selatan dan Lampung, jebol di sisi bagian kanan dan kiri.

Jebolnya jembatan itu dikarenakan dua truk Fuso bermuatan besar melebihi kapasitas, melintas bersebelahan sehingga membuat aspal jembatan ambles dan akibatnya kedua truk itu terjebak ditengah jembatan.

Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo mengatakan. Dua truk Fuso jalan bersebelahan, truk Fuso berwarna hijau Nopol BG 8629 ID bermuatan karnel sawit dari arah Palembang menuju Jakarta.

Sedangkan kendaraan lain dari arah Lampung menuju Palembang Fuso berwarna merah Nopol BG 8853 IC bermuatan semen putih. AKBP Edi mengatakan jebolnya jembatan yang terjadi sejak dinihari tersebut mengakibatkan Jalan Lintas Sumatera lumpuh total.

"Muatan kedua kendaraan sedang dibongkar di pindah ke kendaraan lain dan kendaraan di tarik," ujar AKBP Edi Purnomo dialokasi kejadian, Senin 17/06

Terpisah Kasat Lantas Polres Mesuji AKP Hadly menuturkan kendaraan Fuso merah dikendarai oleh Adi Irawa (43) berkapasitas muatan 45 ton, sedangkan kendaraan Fuso hijau tidak diketahui sopirnya.

"Sopir Fuso hijau kabur, sampai saat ini belum diketahui siapa sopirnya, pintu mobilnya juga dikunci, saat ini sedang kami cari. Kedua kendaraan ini juga melebihi kapasitas," kata AKP Hadly.

Sementara itu Konsultan Bina Marga, Irfin Lubis, mengatakan untuk mengatasi permasalahan tersebut akan mengvakuasi kendaraan terlebih dahulu selanjutnya melakukan kontruksi temporeri agar jembatan bisa secepatnya dilalui.

"Pekerja, alat, dan material telah kami siapkan. Kejadian ini bukan akibat jembatan rapuh, melainkan karena kendaraan overload melebihi kapasitas. Di sini juga kita sedang memperbaiki jembatan sebelahnya, sekitar 15 hari lagi selesai dikerjakan," ujar Irfan Lubis.

Reporter: Karvarino

Editor: Bernadetta Febriana