Home Kesehatan Bintik Perempuan Ini Ternyata Bisa Menjadi Kanker

Bintik Perempuan Ini Ternyata Bisa Menjadi Kanker

New York, Gatra.com - Seorang perempuan asal Des Moines, Lowa, bernama Lisa Ryan (56 tahun) melihat bintik di hidungnya yang ternyata merupakan gejala melanoma. Melanoma adalah penyakit sejenis kanker kulit.

Seperti yang dilansir dari Medical Daily, Rabu (10/7), hasil biopsi Ryan menunjukkan, bahwa Ia menderita melanoma stadium 0. Para dokter merekomendasikan agar area hidungnya yang lebih besar diangkat untuk mendapatkan margin yang jelas dengan beberapa operasi rekonstruksi.

Saat berusia 12 tahun, Ryan sering menggunakan baby oil serta obat merah dan menutup tubuhnya dengan selimut untuk mendapatkan kulit sawo matang. Seiring bertambah usia pun, Ryan tidak pernah menggunakan sunscreen agar tetap mendapatkan kulit sawo matang hingga usianya 40 tahun. Yang tidak diketahuinya, membuat proses kulit sawo matang memiliki risiko tinggi terhadap melanoma.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di American Academy of Dermatology, tahi lalat juga bisa berubah menjadi gejala melanoma, seperti bintik mencurigakan Ryan.

Gejala melanoma lainnya yang dapat timbul antara lain luka yang tidak sembuh, hilangnya sebagian penglihatan atau bintik-bintik gelap yang muncul di iris. Melanoma ini banyak berkembang di daerah yang biasanya terkena sinar matahari.

 

 

1588