Home Kesehatan Ini 5 Tips Cegah Radikal Bebas Rusak Otak

Ini 5 Tips Cegah Radikal Bebas Rusak Otak

New York City, Gatra.com - Beberapa di antara kita mungkin sudah mengalami tanda-tanda penuaan seperti kulit keriput. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya radikal bebas yang perlahan merusak kulit dan otak.

Radikal bebas adalah atom tidak stabil yang dapat merusak sel sehingga menyebabkan penyakit dan penuaan. Semakin sedikit tubuh terpapar radikal bebas, maka proses penuaan pun melambat.

Berikut 5 tips yang dapat dilakukan untuk meminimalkan paparan radikal bebas pada otak sebagaimana dilansir dari Medical Daily :

1. Antioksidan

Salah satu cara untuk melawan radikal bebas adalah dengan mengonsumsi antioksidan. Sebagai tambahan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen polifenol dan vitamin C.

2. Puasa berselang

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi sangat dibutuhkan tubuh. Apabila anda tidak makan selama beberapa waktu, sel-sel tubuh akan diperbaiki kembali. Beberapa kali puasa dalam rentang seminggu sudah cukup.

3. Sayuran

Hal ini tidak mengejutkan mengingat semua sayuran mengandung polifenol yang mencegah terpaparnya radikal bebas. Semakin cerah warna sayuran, maka efektivitasnya semakin baik.

4. Pertahankan tingkat stres

Stres menghasilkan kondisi oksidatif yang kemudian diterjemahkan dengan lebih banyak radikal bebas. Jagalah tingkat stres dan sertakan teknik meditasi ke dalam rutinitas harian Anda.

5. Teh

Teh kaya akan kapasitas penyerapan radikal oksigen (ORAC) yang memungkinkan untuk mencegah paparan radikal bebas.

Ini semua mungkin tampak seperti hal-hal kecil, tetapi semua langkah ini dapat membantu Anda lebih mengontrol proses penuaan dan memastikan Anda dan otak Anda masih dalam kondisi terbaik. Ayo hindari paparan radikal bebas dari sekarang!.

1535

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR