Home Politik Kunker ke Kolombia-AS, Anies Bawa Istri dan 3 Pejabat

Kunker ke Kolombia-AS, Anies Bawa Istri dan 3 Pejabat

Jakarta, Gatra.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dikabarkan tengah melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kolombia yang akan dilanjutkan ke Amerika Serikat (AS) selama 9 hari. Dalam pertemuan internasional itu, Anies membawa istrinya, Ferry Farhati dan 3 pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

Menurut Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Pemprov DKI Jakarta, Muhammad Mawardi, ketiga pejabat tersebut antara lain Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Yusmada Faizal; staf dari Biro KDH dan KLN, serta anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), Kreshna Aditya. Keberangkatan Anies bersama istri dan ketiga pejabat itu juga didanai Pemprov DKI.

"Bapak sama Ibu [Ferry Farhati] saja, bukan keluarga. Dari anggaran Pemprov DKI, kan diperbolehkan,” kata Mawardi di Balai Kota Jakarta, Jumat (12/7).

Baca juga: Kunker Anies Baswedan ke Kolombia Disetujui Kemendagri

Menurut Mawardi, ketiga pejabat tersebut dibawa Anies supaya memahami hasil diskusi dari pertemuan internasional. Keputusan seperti itu dinilai dapat mempermudah untuk mengeksekusi temuan yang didapat.

“Misalnya nih Pak Asbang [Asisten Pembangunan], inikan di bidang pembangunan, nanti dilihat hasil yang lebih menonjol di mana. Nanti ada laporan ke Pak Gubernur, nanti Pak Gubernur akan disposisi ke Satuan Kerja Perangkat Daerah. Misalnya masalah lingkungan, mungkin nanti ke Dinas Lingkungan Hidup,” ujarnya.

Baca juga: Hadiri Pertemuan Dunia, Anies Bahas Perkembangan Ibu Kota

Seperti diketahui, Anies mengatakan bahwa ia terbang ke luar negeri untuk menghadiri pertemuan pemimpin kota-kota di dunia. Ia dijadwalkan bertugas kembali di Balai Kota pada 18 Juli mendatang.

Selama kepergiannya, Anies menunjuk Saefullah sebagai Pelaksana harian (Plh). "Pak Sekda Plh. Nanti saya kasih detailnya," ucap Anies saat ditemui awak media di Balai Kota Jakarta, Senin (8/7).

722