Home Politik PDIP Kumpulkan Rp17 Miliar Untuk Suksesi Kongres V di Bali

PDIP Kumpulkan Rp17 Miliar Untuk Suksesi Kongres V di Bali

Bali, Gatra.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengumpulkan anggaran Rp17 miliar lebih untuk suksesi Kongres V yang digelar di Grand Inna Beach, Bali, 8-11 Agustus mendatang. Dana ini berasal dari gotong royong setiap anggota partai.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, dengan terkumpulnya dana ini maka setiap keder tidak diperbolehkan cawe-cawe mencari sumbangan lain. Termasuk setiap kepala daerah, legislatif dari PDIP yang besarnya sumbangan untuk kongres harus melewati proses audit yang ketat.

"Mengingat seluruh biaya kongres sudah dipenuhi dengan cara gotong royong dan akan jadi tanggung jawab partai politik untuk melaporkan itu dengan audit partai politik. Kita audit agar bersih, bukan dana dari hasil korupsi atau lainnya," tegas Hasto di lokasi kongres, Rabu (7/8).

Baca Juga: Wasiat Terakhir Mbah Moen Untuk Megawati Soekarnoputri

Wakil Bendahara Umum DPP PDIP, Rudianto Tjen menambahkan, sumbangan gotong royong kongres sudah ditutup tiga minggu sebelum hari pelaksanaan karena sudah mencukupi. Alokasi dana akan diperuntukan untuk akomodasi selama kongres, penginapan bagi peserta, peninjau hingga tamu undangan lain.

"Karena dana sudah cukup DPP telah menerbitkan surat kepada seluruh kader yang datang ke arena kongres ini bahwa tidak boleh ada peserta kongres atau anggota partai kita meminta sumbangan kepada siapa pun. Hotel yang kita ambil 13 hotel, sekitar 1200 kamar. Kita sediakan untuk semua peserta yang hadir disini," tambah Rudianto.

Baca Juga: Jelang Kongres V PDIP, Peserta&Peninjau Mulai Tiba di Bali

Ketua DPD Bali sekaligus Ketua Pelaksana Kongres, I Wayan Koster menambahkan, kongres PDIP kali ini jauh berbeda dengan kongres sebelumnya karena menampilkan ragam kebudayaan hingga komitmen ramah lingkungan. Komitmen terhadap lingkungan dibuktikan dengan tidak digunakannya materi berbahan plastik selama kongres berlangsung. Sedangkan budaya lewat berbagai pagelaran seni untuk menyambut peserta.

"Rangkaiannya, Malam ini ada malam budays dari berbagai daerah, sekaligus ramah tamah dengan utusan dan peserta kongres lainnya," ujar Koster.

Untuk peserta, menurut dia, sebagaian besar sudah datang ke arena kongres. Puncaknya diprediksi berlangsung petang ini.

"Saya cek aman tidak akan komplain, itu peserta nanti paling banyak datang jam 1 sampai 3 sore itu dari berbgai daerah berbagai maskapai. Jadi, jam 3 nanti puncaknya, jadi sangat tertib," tutup dia.

154