Home Gaya Hidup Dua Sapi Kurban Jokowi di Solo Diberi Pakan Spesial

Dua Sapi Kurban Jokowi di Solo Diberi Pakan Spesial

Solo, Gatra.com – Presiden Joko Widodo tahun ini berkurban dua sapi di kota asalnya. Dua ekor sapi berjenis simental ini ditempatkan di dua masjid, yakni Masjid Agung dan Masjid Al Wustho Solo, Jawa Tengah.

Dua ekor sapi ini berbobot 1,4 ton dan 1,3 ton yang didatangkan langsung dari Nogosari, Boyolali. Kedua sapi ini dibeli dari peternakan Lembu Suro di Nogosari, Boyolali, seharga Rp171 juta.

Peternak sapi, Andi Saputro, 30 tahun, mengatakan sapi ini telah dipesan Presiden Jokowi melalui utusannya sebulan lalu. Usai dipesan Jokowi, kedua sapi ini melewati tahapan pengecekan melalui Dinas Peternakan Jawa Tengah dan dinyatakan layak sebagai hewan kurban oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

”Sapi ini yang besar usianya sudah 4,5 tahun dan satunya 3,5 tahun. Keduanya merupakan sapi yang dirawat bapak saya sendiri. Kami di rumah sangat menyayangi sapi ini. Makanya sapinya besar dan gemuk,” ucapnya.

Baca Juga: Sapi Kurban Jokowi di Gunungkidul Mogok Makan

Andi juga memberi makanan alami pada sapi ini. Bahkan sebelum dipesan Presiden Jokowi, Andi sudah memberikan pakan berkualitas yang terdiri dari campuran batang padi, rumput, bekatul, ampas tahu, dan garam Madura.

”Pakai garam ini supaya keringatnya keluar dengan baik. Sebab sapi tidak seperti kerbau yang harus di-angon (digembala). Sapi butuh ketenangan, makanya tidak dikeluarkan dari kandang. Ini yang membuat sapi gemuk,” ucapnya.

Sapi seberat 1,4 ton ini diserahkan ke Masjid Agung Surakata. Sedangkan sapi seberat 1,3 ton diserahkan ke Masjid Al Wustho. ”Presiden Jokowi juga sudah memesan dua sapi lagi untuk tahun depan. Dua sapi itu juga mendapat perawatan spesial seperti ini,” ucapnya.

Takmir Masjid Agung Surakarta mengatakan Presiden Jokowi rutin berkurban sapi di Masjid Agung sejak dirinya menjabat sebagai Wali Kota Solo. Rencananya sebelum sapi disembelih akan ada seremoni penyerahan dari Pemkot Solo.

”Besok pagi penyerahannya. Pak Wakil Wali Kota Achmad Purnomo yang rencananya menyerahkan,” ucapnya.

Selain sapi Presiden Jokowi, pejabat lain yang berkurban sapi di Masjid Agung yakni Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Direktur BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto. ”Sapinya datang kemarin (Jumat),” ucap Muhtarom.

 

 

 

471