Home Gaya Hidup Sembelih 7 Lembu, ACT Berbagi di Sumut

Sembelih 7 Lembu, ACT Berbagi di Sumut

Medan, Gatra.com - Organisasi kemanusiaan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) gelar jamuan makan bersama dan penyaluran daging qurban di Masjid Raya Al Mashun, Medan, Senin (12/8). Sebanyak 7 lembu disembelih, satu diantaranya dimasak dan disantap bersama.

Ini adalah rangkaian Global Qurban yang digelar di seluruh Tanah Air dan kali pertama dilaksanakan di Sumut dengan terpusat di Medan. Dengan mengusung tema 'Qurban Kokohkan Persaudaraan', lembu yang diqurbankan nantinya disalurkan kepada masyarakat di sekitar Mata Raya Al Mashun. Total, 15 ekor sapi dan 4 ekor kambing untuk masyarakat di Medan , Binjai dan Langkat.

Baca Juga: Daging Kurban di Sumut Dibagikan Tanpa Kemasan Plastik

Kepala Cabang ACT Sumut, Fadhli Septavianra menjelaskan, pembagian dan kenduri qurban yang dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Adha ini, adalah kegiatan yang pertama kali di Sumatera Utara (Sumut), dengan melibatkan warga sekitar kelurahan Masjid, yang terdiri dari 7 lingkungan, Badan Kenaziran Masjid, masyarakat sekitar dan jamaah masjid Raya Al Mashun Medan.

"Kenduri qurban ini adalah sebagai pelengkap dari elemen komperhensif dan sempurna. Kompleksitas tersebut pula yang menganjurkan umat muslim untuk berqurban" ungkapnya.

Baca Juga: Wakil Gubernur Sumut Sembelih Hewan Kurban

Turut dihadiri Camat Medan Kota, Tengku Chairuniza, perwakilan Polda Sumut, Polsekta Medan Kota dan Badan Kenaziran Masjid (BKM) Raya Al Mashun, Fadhli menambahkan, menuturkan, program ini adalah hari puncak program Dermawan Berqurban yang sebenarnya sudah sejak lama digagas oleh Global Qurban Pusat dan untuk Medan pertama kali dilaksanakan.

"Sekarang ini, banyak orang berusaha untuk mampu. Lihat bagaimana seorang anak mengumpulkan uang jajannya, juga pemulung mengumpulkan uang untuk ikut berkurban," tuturnya.

Baca Juga: Pemkab Asahan Suplai Daging Kurban ke Daerah

Sementara itu, Camat Medan Kota, Tengku Chairuniza berharap, qurban ini kiranya membantu masyarakat yang menerimanya, terutama di lingkungan sekitar mesjid.

"Semoga apa yang dilakukan ini bisa dirasakan masyarakat, khususnya yang tinggal di Kelurahan Mesjid. Kedepannya kita berharap ACT kiranya bisa ikut membantu meringankan beban, membantu masyarakat kita," harapnya.

BKM Masjid Raya Al Mashun Medan, Ulumudin mengatakan, makna qurban adalah perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anak kesayangannya. Qurban mengajarkan umat muslim untuk ikhlas dan sabar. "Qurban ini memperkuat ukhuwah islamiah. Qurban ini ada hak orang lain," katanya.

Reporter: Iskandar

269