Home Ekonomi Kementan Beri Penghargaan 30 Pelaku Pertanian Teladan

Kementan Beri Penghargaan 30 Pelaku Pertanian Teladan

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan penghargaan kepada para teladan pembangunan pertanian yang turut mendukung program-program pemerintah guna mewujudkan lumbung pangan dunia pada tahun 2045.

Pemberian penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementan, Momon Rusmono di Kantor Kementan, Jakarta, Sabtu (17/8).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi, dalam sambutannya mengatakan bahwa pemberian penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku sektor pertanian yang memiliki  peranan strategis.

Para teladan yang mendapt penghargaan ini tidak hanya sebagai penyedia pangan rakyat, namun  juga berkontribusi nyata dalam penyediaan bahan baku industri, bio energi, penyerapan tenaga kerja, sumber devisa negara, sumber pendapatan rakyat, dan pelestarian lingkungan.

"Tahun 2019 sebanyak 30 orang dari 15 provinsi telah ditetapkan sebagai Teladan Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 557/KPTS/KP.590/M/8/2019," ujarnya.

Penghargaan diberikan dalam tujuh kategori, di antaranya untuk petani berprestasi sebanyak 5 orang, gabungan kelompok tani (Gapoktan) sebanyak 5 unit, serta dosen berprestasi sebanyak 3 orang.

Selanjutnya, terkait dengan Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi sebanyak 5 orang, 5 orang penyuluh pertanian teladan, Balai Penyuluhan Pertanian Berprestasi sebanyak 5 unit, dan P4S berprestasi sebanyak 2 orang.

"Pemberian penghargaan kepada pelaku pembangunan pertanian tersebut telah menjadi pola dalam pembinaan yang berkelanjutan," katanya.

260