Home Olahraga Edy Harapkan Prestasi Atlet Pelajar Sumut

Edy Harapkan Prestasi Atlet Pelajar Sumut

Medan, Gatra.com - Kontingen atlet pelajar dan santri yang  tampil ditiga event nasional diharapkan mampu torehkan prestasi. Target juara umum menjadi harapan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi.
 
Itu dikatakan Edy disela-sela mengukuhkan dan melepas kontingen Sumut di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumut Jalan Imam Bonjol, Selasa (5/11) sore. Ada pun kontingen Sumut akan tampil di Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) IX akan tanding 6-13 November di Jakarta.
 
 
Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV/2019, berlangsung 16 sampai 25 November di Jakarta. Kemudian, Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) VIII bertanding 24 sampai 30 November di Bandung, Jawa Barat. "Harus mendominasi seluruh cabang, membesarkan nama Sumut yang kita cintai ini," tekadnya.
 
Edy menargetkan Sumut harus bisa meraih juara umum di tiga event nasional tingkat pelajar. Jika hal itu tidak tercapai, maka dijadikan evaluasi untuk bisa dicapai di tahun selanjutnya.
 
 
"Targetnya mendominasi. Kita harus juara umum. Kalau tidak dapat sekarang ini, itu sebagai bahan pelajaran sekarang. Kita kejar di tahun depan harus dapat. Tapi, tahun ini maksimal untuk berbuat," jelas Edy. 
 
Gubsu berharap para atlet untuk tidak menyerah dalam kondisi apapun demi meraih prestasi terbaik. "Kalian diberangkatkan untuk bertarung dalam kondisi apapun. Tidak ada alasan apapun kalian untuk tidak juara. Apapun kondisimu, kami harus berprestasi," pesan Edy. 
 
 
Edy mengaku, para atlet pelajar saat ini merupakan cikal bakal atlet senior yang akan berlaga di event nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, saat Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah bersama. Edy juga berpesan kepada seluruh atlet untuk mengerahkan kemampuan maksimal demi nama baik diri sendiri, keluarga, dan negara.
 
"Kalian sudah berani menjadi atlet. Jangan pernah kalian menyerah, bila perlu kamu pingsan di finish. Sumut itu tidak hebat, kalau tidak ada anak yang berprestasi. Menangkan itu kamu bertanding. Tolong saya minta talent scouting ke depan. Kalian banggakan Sumut ini 2024 PON di sini," pinta Gubsu.
 
 
Sementara ketua kontingen Sumut Baharuddin Siagian mengatakan pada ketiga event ini total kontingen Sumut berjumlah 280 atlet, pelatih, dan official. Jumlah kontingen Peparpenas 33 orang berasal dari lima cabor.
 
Popnas 126 orang terdiri 11 cabor. Kontingen Pospenas 121 orang dari berbagai pesantren se-Sumut.  "Mudah-mudahan pemberangkatan ini bisa menjadi motivasi dan menjadikan Sumut bermartabat di bidang olahraga," pungkas Baharuddin.
 
Reporter: Iskandar
217