Home Politik Sihar Sitorus Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Sihar Sitorus Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Labuhanbatu, Gatra.com – Anggota Majelis Permusyarwatan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI), Sihar Sitorus mensosialisasikan empat pilar kebangsaan di Universitas Al-Washliyah (Univa) Rantau Prapat, Labuhanbatu, Sumatra Utara (Sumut), Selasa (26/11).

Sihar mengatakan bahwa empat pilar kebangsaan tersebut merupakan bagian terpenting dalam menjaga keutuhan negara. Politisi asal PDIP itu mengatakan bahwa dengan Pancasila, Undang-undang Dasar 45, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika maka Indonesia menjadi negara yang kuat.

Baca Juga: Sihar Sitorus Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat Sumut

Terlebih dalam menghadapi beragam dinamika bangsa. Termasuk mencegah munculnya perpecahan dikalangan masyarakat nusantara yang lahir dengan keberagaman. Sihar menjelaskan belakangan ini masyarakat sering mengkotak-kotakan diri menurut kelompoknya.

Contohnya kelompok berdasarkan agama, dalam nilai Pancasila itu sendiri terangkum berbagai nilai-nilai keagamaan maupun kebudayaan. "Semua agama tentu mengakui keadilan kan? Semua agama tentu mengakui kemanusiaan kan? Pancasila sudah merangkum nilai-nilai dari keagamaan tersebut," ujar Sihar.

Baca Juga: Sihar Sitorus Pastikan Sumut Memperoleh Anggaran Pembangun

Menurut Sihar di Indonesia keberagaman adalah sebuah hal yang tidak dapat dihindari, untuk itu harus senantiasa dihargai dan dijunjung tinggi. "Keberagaman di Indonesia itu sebuah keniscayaan, mustahil untuk meniadakannya, harusnya dilestarikan dengan saling menghargai," tutur Sihar.

Untuk dapat menerapkan empat pilar, menurut Sihar diperlukan adanya keterbukaan pikiran dari masyarakat agar luwes dalam menerima perbedaan. "Penerapannya ya, kita harus berfikir luas agar bisa luwes menerima hal-hal yang berbeda dari kita," ujar Sihar.

Baca Juga: Sihar Soroti Permasalahan di Kepulauan Nias

Menurut Sihar, para pendahulu bangsa yang merumuskan empat pilar ini telah memikirkan dari berbagai sudut keberagaman negeri ini sehingga relevan dengan kehidupan masa kini.

Peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut berasal dari kalangan millenial dan civitas akademika Rantau Prapat diantaranya dari Univa, Universitas Labuhan Batu, dan SMA/MAN yang ada di Rantau Prapat.

Baca Juga: Edy Rahmayadi Harapkan Dukungan Anggota DPR RI Asal Sumut

Rektor Univa, Basyarul Ulya, SH. MM menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Sihar Sitorus yang memilih kampusnya sebagai lokasi sosialisasi. "Kita mestinya bersyukur di tengah kesibukannya Pak Sihar mau menyempatkan diri untuk mensosialisasikan hal penting seperti ini," ujar Basyarul.

Reporter: Joko Gunawan

121

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR