Home Politik Pendaftaran Panwascam Labuhanbatu Dibuka

Pendaftaran Panwascam Labuhanbatu Dibuka

Labuhanbatu, Gatra.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Labuhanbatu resmi membuka pendaftarakan calon Pengawas Kecamatan (Panwascam), Rabu (27/11). Hari pertama pendaftaran Bawaslu menerima berkas 12 pelamar.

Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Makmur mengatakan bahwa pendaftar dihari pertama itu berasal dari Kecamatan Rantau Selatan (Ransel) 8 orang, Kecamatan Rantau Utara 3 orang dan Kecamatan Bilah Barat 1 orang.

Baca Juga: Penyandang Disabilitas Berpeluang Menjadi Panwascam

Sementara, pendaftar untuk calon Panwascam Kecamatan Bilah Hulu, Kecamatan Pangkatan, Kecamatan Bilah Hilir, Kecamatan Panai Hulu, Kecamatan Panai Tengah dan Kecamatan Panai Hilir, belum memasukkan berkas.

“Dihari pertama ada 12 pendaftar, mungkin untuk kecamatan lainnya menyusul. Karena waktu masih ada dan kita tidak mengecualikan disabilitas,” terang Makmur.

Dijelaskannya, tahapan perekrutan dimulai dari penerimaan berkas 27 Nopember hingga 3 Desember, penelitian kelengkapan berkas 27 Nopember hingga 4 Desember, pengumuman perpanjangan pendaftaran 5 Desember.

Baca Juga: KPU Labuhanbatu Pastikan Tidak Ada Data Ganda

Penerimaan berkas perpanjangan waktu 6-10 Desember, penelitian administrasi berkas perpanjangan 6-11 Desember, pengumuman hasil penelitian administrasi 12 Desember, tanggapan dan masukan dari masyarakat 12-15 Desember.

Tes tertulis dan wawancara 13-17 Desember, pengumuman calon terpilih 18 Desember serta pelantikan 22-23 Desember. Bawaslu akan merekrut tiga orang per kecamatan untuk mengisi tiga divisi yang menjadi ketentuan pengawasan.

Reporter: Joko Gunawan

414