Home Politik Tahapan Pilkada Siantar Dimulai

Tahapan Pilkada Siantar Dimulai

Siantar, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Siantar resmi membuka tahapan Pemilikan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Siantar. Untuk Pilkada 2020 tersebut, KPU Kota Siantar mengusung jargon 'Suaramu untuk Kota Siantar'.
 
Ketua KPU Kota Siantar Daniel Sibarani mengatakan pembukaan tahapan Pilkada ditandai acara peluncuran tahapan yang dilaksanakan di Lapangan Adam Malik, Sabtu (23/11) pekan lalu. Peluncuran tersebut sebagai pemberitahuan kepada masyarakat di Siantar bahwa tahapan Pilkada sudah dimulai.
 
 
"Kita sengaja memilih tanggal 23 November. Ini diambil karena pemungutan suara tanggal 23 September 2020 mendatang, tepat sepuluh bulan menuju Pilkada. Kita akan terus gaungkan pada masyarakat ingat tanggal pelaksanaan," kata Daniel.
 
Daniel menyampaikan sejak Maret 2019 KPU Kota Siantar menerima surat dari KPU RI bahwa Siantar ikut Pilkada 2020. Namun, pelaksanaan Pilkada di Siantar sempat menjadi polemik setelah keluarnya surat dari Menteri Dalam Negeri bahwa Siantar masuk dalam pelaksanaan Pilkada 2024.
 
 
"Terlepas dari semuanya itu, peluncuran ini kembali menegaskan bahwa Kota Siantar ikut pada Pilkada 2020. Siantar menjadi yang sangat unik dalam pelaksanaan Pilkada karena sempat tertunda begitu lama. Banyak persolan di Siantar namun tidak pernah rusuh.Masyarakat Siantar dewasa berpolitik," terang Daniel.
 
Sementara itu, Wakil Walikota Siantar, Togar Sitorus mengingatkan warga Siantar untuk turut ambil bagian dalam Pilkada 2020 mendatang. Ia juga berharap partisipasi masyarakat Siantar terus meningkat untuk menentukan masa depan Siantar melalui pemilihan pemimpin secara langsung.
 
 
"Mari kita bergandeng tangan menjaga keamanan dan kenetralan serta menghargai suara pemilih. Mari kita gunakan hak pilih. Saya yakin masyarakat Siantar sudah cerdas. Jadilah pemilih yang sportif dan cerdas dengan tidak dipengaruhi," ajak Togar.
394