Home Ekonomi Pemkab Magelang Genjot Produksi Pertanian dan Perikanan

Pemkab Magelang Genjot Produksi Pertanian dan Perikanan

Magelang, Gatra.com - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang menargetkan nilai produk domestik regional bruto (PDRB) tahun 2020 dari sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan mencapai Rp7,3 miliar.

Menurut Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Magelang, Ir Fahrul Authon, target itu meningkat dari tahun 2019 yang mencapai Rp6,9 miliar.

Sedangkan realisasi nilai PDRB sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan Kabupaten Magelang tahun 2018 sebesar Rp6,6 miliar. “Kami menargetkan ada peningkatan nilai produk domestik regional bruto sektor perikanan, sehingga ada sumbangan signifikan untuk pendapatan asli daerah,” kata Fahrul, Selasa (28/1).

Produksi perikanan air tawar di Kabupaten Magelang tahun 2019 terbagi dalam kategori poduksi ikan konsumsi dan produksi ikan tangkapan yang didapat dari sungai, serta genangan air atau embung. Jumlah produksi ikan konsumsi mencapai 25.122 ton dan ikan tangkapan sebesar 301 ton. Jenis ikan yang banyak diproduksi di Kabupaten Magelang adalah ikan mas, nila, patin, dan tawes.

Selain budidaya ikan air tawar juga terdapat pabrik pengolahan sisik ikan oleh PT Sinar Makmur Semarang. Nilai produksi pengolahan sisik ikan oleh PT Sinar Makmur pada tahun 2019 mencapai Rp9,1 miliar.

375