Home Kebencanaan Listrik Gratis, DPR Minta Rakyat Bijak dan Tak Aji Mumpung

Listrik Gratis, DPR Minta Rakyat Bijak dan Tak Aji Mumpung

Yogyakarta, Gatra.com- Anggota Komisi VII DPR RI asal Daerah Istimewa Yogyakarta Gandung Pardiman meminta rakyat yang mendapatkan subsidi pembayaran listrik terkait wabah Covid-19 bersikap bijak dan tidak ajing mumpung.

"Ini menjadi perhatian kami. Jangan sampai ketika digratiskan dan disubsisi, masyarakat yang dibantu bersikap tak bijak dan aji mumpung. Seperti membuat es sebanyak-banyaknya," ujarnya saat pembagian sembok bagi awak media di DPD Golkar DIY, Minggu (5/4).

Sebagai informasi, pemerintah menetapkan pelanggan listrik di golongan 450 VA sebanyak 24 juta selama tiga bulan sejak April. Sementara 7 juta pelanggan mendapatkan diskon pembayaran sebanyak 50 persen di dengan periode yang sama. Baca juga: PLN Siap Diskon 50% Hingga Bebaskan Pembayaran Listrik

Kebijakan ini menurut Gandung mendapatkan perhatian Komisi VII. Dimana jangan sampai kebijakan mengratiskan dan memberikan diskon ini menurunkan pelayanan dari PLN. "Kekuatiran kami ketika dibebaskan dan didiskon, pelayanan yang diberikan PLN tidak maskimal ke mereka. Jangan sampai listrik itu sering padam," katanya.

Gandung juga berharap situasi sekarang ini menjadi titik balik tentang kebijakan pengunaan energy, terutama tentang impor bahan baku energy untuk kelistrikan. Bagaimana seharusnya pemerintah mendayagunakan material nasional sebaik-baiknya. Miniman mengurangi ketergantungan kepada impor.

"Minggu depan, entah melalui video coference atau telepon, kita akan undang Kementerian ESDM untuk membahas hal ini," lanjutnya. Baca juga: Hadapi Covid-19, PLN Siaga Jaga Pasokan Listrik

Kepada 75 wartawan yang mendapatkan bantuan sembako, Gandung yang juga Ketua DPD Golkar DIY meminta agar selalu menjaga kesehatan ditengah pekerjaan yang beresiko tinggi tertular Covid-19. Pemberitaan yang menyejukan dan mencerahkan masih sangat dinanti masyarakat ditengah kepanikan penyebaran wabah Covid-19.

Selain memberikan sembako, lima anggota DPRD DIY dari fraksi Golkar juga menyumbangkan gajinya sejak April sampai kondisi mengenai Covid-19 dinyatakan aman oleh pemerintah. Bantuan senilai Rp50 juta ini disumbangkan melalui DPD Golkar DIY untuk membantu masyarakat miskin terdampak Covid-19. Baca juga: Begini Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik Selama Wabah

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY Sihono mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Golkar DIY menjadi contoh yang baik. Ditengah penyebaran wabah Covid-19, PWI menyatakan pemberitaan yang mengedukasi sangat ditunggu masyarakat.

"Jangan membuat berita yang menambah binggung masyarakat. Fungsi edukasi, yaitu tentang pencegahan memutus rantai Covid-19 harus dijalankan dengan sunggu-sungguh," katanya.

87