Home Kesehatan Hati-hati! Jangan Sepelekan Kesehatan Mulut dan Gigi Pada Anak

Hati-hati! Jangan Sepelekan Kesehatan Mulut dan Gigi Pada Anak

Jakarta, Gatra.com - Kesadaran akan perawatan serta kesehatan mulut dan gigi pada anak menjadi suatu hal yang penting, khususnya bagi kalangan orang tua. Satu hal yang selama ini banyak di abaikan, yakni pentingnya menjaga kesehatan gigi susu anak.

Dokter Gigi dari Satu Dental, Jessica Mulia, menyebut tak jarang ditemui kenyataan bahwa orangtua menyepelekan apabila terjadi masalah kesehatan gigi susu.

Baca JugaFaktor Keturunan Tak Melulu Jadi Penyebab Percepatan Penyakit Jantung

"Apalagi, karena gigi susu dinilai akan lepas secara bertahap dan berganti dengan gigi baru yang permanen. Padahal ini hal keliru. Kesehatan gigi susu pada anak, tidak boleh disepelekan," kata Jessica dalam acara influencers and media soiree Satu Dental di Jakarta, Kamis (22/9) malam. 

Padahal, gigi susu yang dibiarkan rusak bisa membawa dampak buruk terhadap kesehatan gigi si kecil saat dewasa. Jessica menjelaskan, gigi susu yang rusak biasanya di dalamnya sudah ada infeksi.

Ia mencontohkan, anak bisa saja mengalami kesulitan mengunyah akibat gigi yang rusak. Hal ini, tentunya akan membuat makanan yang masuk ke mulut tidak dapat dikunyah juga dicerna dengan baik.

"Karena gigi kan itu kan berfungsi buat makan, itu membuat nutrisi yang dia terima menjadi sedikit," jelasnya.

Baca JugaKemenkes Siapkan Fasilitas Klinik dan ICU Menyambut Peserta G20 di Bali

Sementara itu, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, 94,9% masyarakat perkotaan tidak pernah ke dokter gigi dalam setahun terakhir.

Dari 57,6% penduduk Indonesia yang mengalami masalah gigi dan mulut, hanya 10,2% yang mendapatkan pelayanan medis. Tidak hanya tingkat kesadaran masyarakat yang masih minim, faktor biaya yang relatif mahal menjadi salah satu alasan masyarakat enggan melakukan perawatan gigi dan mulut.

Chief Strategy Officer SATU Dental, Felix Saputra, menyebut data ini melatarbelakangi kehadiran SATU Dental yang menawarkan perawatan gigi dan mulut dengan harga yang relatif terjangkau.

Pendekatan ini pun terbukti tepat. Dalam waktu kurang dari satu tahun, pihaknya berhasil menjangkau sebagian wilayah Jakarta dan Tangerang Raya, dengan sembilan cabang yang telah beroperasi sejauh ini.

"Harapan kami, SATU Dental sebagai klinik gigi dengan standar yang tinggi, ditambah dengan dukungan peralatan dan teknologi kekinian yang mumpuni, dapat memberikan pengalaman hangat dan nyaman bagi masyarakat Indonesia," kata Felix.