Home Nasional Presiden Jokowi Mantu Tak Terima Sumbangan, Gibran: Bisa Datang Sudah Senang

Presiden Jokowi Mantu Tak Terima Sumbangan, Gibran: Bisa Datang Sudah Senang

Solo, Gatra.com – Presiden Joko Widodo akan menggelar hajatan mantu untuk putra bungsunya Kaesang Pangarep yang akan menikah dengan Erina Gudono. Dalam hajatan Ngunduh Mantu ini, keluarga Presiden Jokowi tidak menerima sumbangan.

Informasi ini diberikan melalui undangan yang diberikan untuk para tamu. Dalam undangan yang disebar kepada wartawan terdapat kartu akses masuk acara pernikahan Kaesang dan Erina yang disertai dengan barcode. Kartu ini dibawa sebagai akses masuk gedung. Sedangkan di bawah barcode terdapat tulisan ‘Dengan mengurangi rasa hormat, mohon maaf kami tidak menerima sumbangan dalam bentuk apapun’.

Hal ini juga dilakukan saat Presiden Jokowi Ngunduh Mantu pernikahan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka yang menikah dengan Selvi Ananda tahun 2015 lalu. Kemudian hal sama juga dilakukan saat mantu Bobby Nasution dengan Kahiyang Ayu.

Sebagai juru bicara, Gibran Rakabuming Raka membenarkan hal ini. Dirinya yang juga menjabat sebagai Wali Kota Solo ini mengatakan bahwa saat ayahnya mempunyai hajatan mantu maupun ngunduh mantu.

”Iya, zamanku (pernikahan Gibran dan Selvi) kan juga nggak menerima sumbangan. Enggak ada sumbangan, enggak usah bawa sumbangan,” kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (5/12).

Meski tidak menerima sumbangan, Gibran berharap para tamu undangan yang hadir dalam prosesi ini memberikan doa yang terbaik untuk kedua mempelai. Sebab doa yang terbaik menjadi sumbangan yang paling berharga. ”Eggak usah bawa sumbangan, bawa doa aja,” kata Gibran. 

Menurutnya kebijakan tidak menerima sumbangan ini juga sebagai bentuk agar tidak merepotkan para tamu undangan. Mengingat Jokowi juga merupakan pejabat negara yang dilarang menerima gratifikasi dalam bentuk apapun.

”Ya dari dulu ndak nerima saja. Intinya tidak mau merepotkan. Bisa datang saja sudah senang,” katanya.

Sebagai informasi prosesi resepsi pernikahan Kaesang dan Erina bakal digelar di Pura Mangkunegaran pada Ahad, 11 Desember 2022. Sebelumnya kedua mempelai akan dikirab dari rumah dinas Wali Kota Solo, Loji gandrung menuju Pura Mangkunegara yang menjadi lokasi resepsi pernikahan.

72