Home Gaya Hidup Jangan Keliru, Ini Tips Memilih Hewan Kurban yang Benar

Jangan Keliru, Ini Tips Memilih Hewan Kurban yang Benar

Jakarta, Gatra.com - Setiap tahunnya umat muslim seluruh dunia merayakan hari besar islam, yaitu Hari Raya Iduladha. Pada tahun ini, Iduladha jatuh pada 29 Juni 2023.

Penetapan Iduladha ini berdasarkan kalender Hijiriah, tepatnya pada tanggal 10 di bulan Dzuhijjah dan jatuh pada 70 hari setelah perayaan Hari Raya Idulfitri.

Pada perayaan tersebut umat muslim memiliki tradisi berkurban. Tujuannya ialah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan.

Nah, untuk berkurban tentu memiliki syarat dan ketentuan, di antaranya hewan yang akan dijadikan kurban harus sehat dan sesuai dengan syariat islam.

Berikut tips memilih hewan kurban yang benar dan jangan sampai keliru:

1. Memilih Hewan Ternak

Pada umat muslim diperintahkan dan diperbolehkan untuk berkurban hewan-hewan ternak seperti kambing, unta, sapi, kerbau, dan domba.

2. Cek Umur Hewan Kurban

Umur merupakan faktor terpenting dalam pemilihan hewan kurban, sebab hewan tersebut memiliki syarat umur yang beda. Misalnya ingin berkurban kambing, maka kriterianya minimal berusia satu tahun. Sedangkan sapi atau kerbau syaratnya berusia dua tahun.

Untuk mengecek usia hewan kurban bisa melalui catatan kelahiran hewan ternak yang dimiliki oleh penjual/pemilik. Atau bisa juga melalui cek gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu di depan).

Itu menandakan bahwa pada sapi atau kerbau berusia sekitar 22 bulan sedangkan kambing atau domba berusia sekitar 12 sampai 18 bulan.

3. Pastikan Hewan Kurban Tidak Cacat

Dalam momen umat islam yang bersejarah ini, tentunya harus dipastikan soal hewan kurban dalam kondisi yang sehat dan tidak dalam kondisi sakit seperti diare, kotor, demam, dan kondisi negatif lainnya.

Untuk itu, diharuskan memilih hewan ternak yang cuping hidungnya basah. Memiliki bulu yang bersih. Namun, agar lebih pasti bisa juga bertanya kepada pemilik terkait Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan kurban tersebut.

4. Teliti dalam Memilih Lokasi Membeli Hewan Kurban

Selain dari kondisi kesehatan hewan ternak, yang wajib diperhatikan adalah pemilihan lokasi jika ingin membeli.

Pilihlah lokasi penjualan hewan kurban di tempat yang bersih dan jauh polusi udara. Karena akan memengaruhi tingkat stres dari hewan.

Serta jangan sembarangan membeli di lokasi yang terdapat banyak sampahnya sebab bisa berpotensi buruk bagi tubuh. Itulah beberapa tips dalam memilih hewan kurban dan jangan sampai keliru.

91