Home Ekonomi AirAsia Bukukan Pendapatan Rp 4,9 Triliun, Naik 97 Persen per September 2023

AirAsia Bukukan Pendapatan Rp 4,9 Triliun, Naik 97 Persen per September 2023

Jakarta, Gatra.com - PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) mencatatkan kinerja positif keuangannya pada kuartal ketiga tahun 2023 yang perlahan mulai pulih dari dampak pandemi. Hingga akhir September 2023 pendapatan AirAsia tercatat sebesar Rp4,9 triliun atau naik sebesar 97% secara tahunan (year on year/yoy) dibanding dengan periode yang sama tahun 2022 yang hanya sebesar Rp2,5 triliun.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga mengatakan, tahun 2023 merupakan fase recovery dunia aviasi Indonesia. Sehingga, dapat meningkatkan pertumbuhan industri penerbangan Indonesia, baik di rute domestik maupun internasional.

“Bersamaan dengan itu, Indonesia AirAsia juga mencatatkan kinerja yang tumbuh secara perlahan namun positif yang ditopang juga dengan kerja keras dan dedikasi seluruh tim, serta dukungan pelanggan yang tak tergantikan,” kata Veranita dalam acara public expose yang digelar secara Hybrid pada Kamis (16/11).

Selain adanya peningkatan pendapatan, Indonesia AirAsia juga berhasil memperbaiki EBITDA-nya dari minus Rp718 miliar menjadi minus Rp30 miliar di penghujung 2023. Hal ini, mencerminkan upaya perusahaan dalam mengelola efisiensi operasional.

“Memang masih negatif di sembilan bulan pertama 2023 itu tapi sudah jauh turun, artinya adalah performance financial jauh lebih baik dibandingkan tahun 2022,” ungkapnya.

Meski demikian, Veranita mengatakan, Perusahaan saat ini dihadapkan dengan tangangan soal biaya perbaikan pesawat yang masih masih menjadi beban keuangan perusahaan semenjak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia.

“Terus juga kita merealisasikan tindakan dari pesawat baru dengan beberapa requirement modifikasi dan juga kita maintenance dari beberapa pesawat kita yang sudah jatuh tempo untuk service enam tahun, service besar. Di belakangnya itu masih banyak beban biaya yang sebagian besarnya datang akibat Covid-19,” jelasnya.

Namun, meski dihadapkan tantangan tersebut, Indonesia AirAsia optimis bahwa pencapaian-pencapian yang perusahaan dapatkan, akan menjadi landasan yang kokoh untuk meraih kesuksesan yang lebih besar di masa mendatang.

“Kami sangat senang dengan pencapaian ini, terutama dengan kembali bergairahnya industri aviasi di Indonesia, sehingga Indonesia AirAsia dapat terus menjadi salah satu moda pilihan transportasi masyarakat,” imbuhnya.

95