Home Politik Sedikitnya 80 Masyarakat Sumut Mengungsi dari Wamena

Sedikitnya 80 Masyarakat Sumut Mengungsi dari Wamena

Medan, Gatra.com - Sampai saat ini, yang terdata ada sebanyak 80 masyarakat asal Sumatera Utara (Sumut) yang mengungsi di Rindam XVII/Cen, Sentani. Namun, untuk data keseluruhan belum bisa dipastikan karena banyak masyarakat asal Sumut yang mengungsi ke tempat lain.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan bahwa pendataan masyarakat Sumut yang mengungsi akibat peristiwa Wamena masih terus dilakukan. Data 80 warga yang mengungsi tersebut merupakan update jumlah pengungsi yang diterima Edy Rahmayadi saat menghubungi petugas yang dikirim ke Wamena.

Baca Juga: Gubernur Sumut Galang Rp 2,1 Miliar Dana Untuk Wamena

“Setelah saya telepon petugas di Wamena, sekarang total ada 80 orang yang mengungsi di Rindam, tetapi tentu masih banyak lagi yang mungkin mengungsi di tempat-tempat lainnya, seperti rumah kerabat atau saudara mereka. Ini akan dipastikan oleh tim kita yang berangkat ke sana,” kata Edy dalam acara penggalangan dana untuk Wamena di Medan, Kamis (3/10).

Sementara melalui keterangan petugas yang dihubungi Edy Rahmayadi, juga diketahui bahwa kondisi Wamena saat ini sudah kondusif. Masyarakat mulai kembali beraktivitas seperti biasa. Ini juga sesuai dengan keterangan warga asal Sumut yang tiba di Medan, Senin (30/9), Septian Tambunan.

Baca Juga: Tragedi Wamena, Nasrul Abit: Gubernur Papua Sampaikan Duka

“Situasi di Wamena saat saya terbang ke sini sudah kondusif, tidak adalah kericuhan, namun saya tetap memutuskan pulang ke Sumut. Dari informasi yang saya dapat dari teman-teman di sana pemerintahan akan berjalan kembali di hari Senin,” ujar Septian.

Disampaikan juga, warga Sumut juga tidak ada yang menjadi korban jiwa pada konflik di Wamena, walau jumlah warga asal Sumut di daerah ini cukup banyak. “Sepengetahuan saya tidak ada warga Sumut yang menjadi korban konflik di Wamena, mungkin ada yang luka-luka, tetapi tidak ada korban jiwa,” katanya.

Baca Juga: Polri: 5 Tersangka Kerusuhan Bukan Warga Asli dari Wamena

Saat ini, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi telah menggalang dana untuk membantu warga Sumut yang menjadi korban di Wamena. Total dana sementara yang terkumpul mencapai Rp 2,1 miliar. Dana tersebut akan disalurkan kepada warga Sumut yang membutuhkan di Wamena.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

208