Home Ekonomi KLHK Yakin Kondisi Hutan Indonesia Masih Baik

KLHK Yakin Kondisi Hutan Indonesia Masih Baik

Jakarta, Gatra.com - Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ruandha Agung Sugardiman menyatakan kondisi hutan di Indonesia masih dalam keadaan bagus dan baik.

"Bukan karena saya berada di KLHK. Tetapi faktanya, hutan Indonesia masih memiliki kondisi yang baik. Kita memiliki 45 juta hektare hutan primer. Bila ditambah dengan hutan sekunder, Indonesia punya 90 juta hektare hutan," katanya saat ditemui di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta, Selasa (22/10).

Ia juga menyebut bahwa hutan tropis di Indonesia memiliki kelebihan dibandingkan negara lainnya. Bahkan, Indonesia menjadi tumpuan negara lain untuk menjaga ekosistem hutan semakin baik.

"Hutan tropis di Indonesia lebih baik dari negara lain. Misalkan untuk capai diameter pohon sekitar 60 sentimeter, hanya butuh waktu enam hingga tujuh tahun. Sedangkan di negara lain, seperti Swedia, butuh waktu hingga 100 tahun," ujarnya.

Sementara itu, Senin (21/10) kemarin, Plt. Direktur Pengendalian Hutan dan Lahan, Raffles Panjaitan menyatakan luasan kebakaran hutan dan lahan mencapai 857.756 ha. Jumlah ini meningkat 160 persen dibandingkan data Agustus 2019, yang seluas 328.724 ha. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan akibat arus panas Australia ke Asia, El-Nino, penumpukan gambut kering, serta pembersihan lahan dengan metode bakar.

 

477