Home Ekonomi Abon Kelapa Purbalingga Sabet Juara 1 UKM Pangan Award 2019

Abon Kelapa Purbalingga Sabet Juara 1 UKM Pangan Award 2019

Purbalingga, Gatra.com – Abon kelapa Purbalingga, Jawa Tengah meraih juara 1 UKM Pangan Award 2019 Tingkat Nasional kategori makanan siap saji yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan RI.

Ajang ini bertujuan menjaring produk pangan terbaik dari seluruh Indonesia juga sebagai bentuk penghargaan atau apresiasi pemerintah kepada UKM Pangan yang telah berkreasi dan menciptakan inovasi produk dengan kreativitasnya.

Novi menjelaskan, kemenangan ini tak lepas dari rebranding yang berhasil dilakukan oleh CV Abon Cap Koki. Sebelumnya, abon kelapa lebih populer dengan nama serundeng kelapa. Melihat pangsa pasarnya, rebranding perlu dilakukan agar bisa bersaing dengan produk makanan siap saji lainnya.

“Bersamaan dengan rebranding penggantian nama tersebut kami juga mengganti kemasannya menjadi lebih modern, menarik dan produk lebih tahan lama dengan tujuan untuk menyasar pelanggan - pelanggan baru,” jelasnya, Senin (21/10).

‘Sederhana Namun Menggoda’ begitulah konsep yang diusungnya untuk mengenalkan berbagai Abon Cap Koki pada masyarakat. Ia menuturkan membesarkan suatu produk tidak jauh berbeda dengan membesarkan anak-anak.

“Setiap anak memiliki sifat, keunikan, karakteristik dan keunggulan masing-masing, demikian juga produk memiliki inner beauty masing-masing yang menuntut kita jeli dalam menemukan hal tersebut,” jelasnya.

Upaya mengeluarkan inner beauty tersebut yang akan mewarnai perjalanan sebuah produk. Pun dengan produk Abon Kelapa CV Abon Cap Koki. Orang lebih mengenal dengan nama serundeng yang mana istilah tersebut ternyata digunakan di banyak daerah dan dengan penampakan produk yang berbeda-beda.

“Hal ini yang sering kali menjadi kesulitan closing pembelian karena persepsi tentang produk serundeng yang berbeda,” kata Novi. Dia menuturkan, dari 540 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia diseleksi tahap pertama hingga menjadi 451 orang. Pada tahapan selanjutnya, kembali disaring menjadi 139 dan masuk dalam 55 produk terpilih, dari 55 dipangkas kembali menjadi 10 besar dengan penjurian yang sangat ketat.

“Alhamdulillah meskipun persiapan yang tidak begitu maksimal produk Abon Kelapa bisa terus mengikuti tahapan seleksi hingga meraih Juara 1,” ungkap Novi. Dia mengemukakan, satu hal menarik yang dipelajarinya yakni dari suatu hal yang sederhana akan menjadi sangat menggoda ketika mampu mengeluarkan inner beautynya. Jangan pernah menyerah untuk terus berusaha menjadi lebih baik lagi.

“Semoga ini menjadi pemicu dan pemacu untuk terus mau belajar dan selalu berusaha memberikan yang terbaik,” jelasnya. Dia mengaku tak menyangka akan menjadi yang terbaik dalam ajang ini. Sebab, persiapan yang dilakukan seadanya dan serba mendadak. Bahkan, pengiriman materi lomba pun sudah batas akhir.

218