Home Gaya Hidup Babinsa Koramil Tungkal Ilir Rutin Patroli Antisipasi Karhut

Babinsa Koramil Tungkal Ilir Rutin Patroli Antisipasi Karhut

Tanjung Jabung Barat, Gatra.com – Sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir rutin melakukan Patroli. Selain itu, kepada masyarakat juga dilakukan sosialisasi oencegahan Karhutla.

Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir, Serda Yaumul Karim mengatakan, dalam kegaiatnnya, ia memberikan imbauan kepada warga yang dijumpai di tengah-tengah kegiatan patroli. Terutama warga yang sedang berada di kebun. Warga diberikan pehamanan untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Sebab hal itu tidak dibenarkan.

"Kita jelaskan kakau itu bisa mendapat sanksi pidana. Untuk itu, sedini mungkin kita sampaikan imbauan agar mereka memahaminya," kata Serda Yaumul, Minggu (7/7).

Terpisah, Danramil 419-03/Tungkal Ilir, Kapten Inf Rohandy menyampaikan, bahwa imbauan dan sosialisasi ini dilakukan, agar masyarakat paham bahwa melakukan pembakaran hutan sangat tidak dianjurkan, apalagi membuka lahan dengan cara dibakar.

"Hal itu sangat merugikan dan juga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Dan, hal itu juga merupakan bentuk pelanggaran hukum dan dapat dipidanakan," katanya.

Sebagai daerah yang berada di kawasan gambut, kawasan Tungkal Ilir menjadi perhatian serius dalam upaya pencegahan Karhutla. Karena semua pihak tak ingin sampai terjadi kebakaran lahan.

"Kita akan awasi terus dan akan rutin melakukan patroli guna mencegahnya," kata Rohandy.

189