Home Gaya Hidup Peselancar Terbaik Dunia Pungut Sampah di Pantai Bali

Peselancar Terbaik Dunia Pungut Sampah di Pantai Bali

Denpasar, Gatra.com - Peselancar terbaik dunia Kelly Slater, Stephanie Gilmore, Sally Fitzgibbons, Anggota Breitling Surfers Squad, serta Ocean Conservancy melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Mertasari, Bali.

Direktur Ocean Conservancy, Nicholas Mallos, menyampaikan pihaknya telah menjalin kerja sama sejak 2018 dalam kegiatan membersihkan sampah di beberapa lokasi di seluruh dunia.

“Indonesia bukan hanya salah satu negara yang paling terpengaruh oleh plastik laut, tetapi pemerintahnya termasuk yang paling berkomitmen untuk menemukan solusi terkait masalah ini,” jelasnya di Sanur, Denpasar, Jumat kemarin (11/5).

Baca Juga: Studi Baru Ungkap Sampah Plastik Laut Meningkat 4 kali Lipat dalam 40 tahun

Nicholas menuturkan Pantai Sanur merupakan salah satu lokasi berselancar paling ikonik di dunia. Ia senang Ocean Conservacy turut menyambut Breitling Surfers Squad dengan berpartisipasi di gelaran ini.

Ia menyampaikan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran global akan misi dan inisiatif konservasi. Hasil pembersihan nantinya akan menambah data sampah yang dikumpulkan selama kegiatan tahunan International Coastal Cleanup (ICC) Ocean Conservancy. Acara rutin ini menggerakan ratusan ribu relawan untuk membuang sampah dari pantai dan saluran air di seluruh dunia.

"Hingga saat ini, lebih dari 14 juta orang telah mengumpulkan lebih dari 113 juta kilogram sampah. Di Indonesia, pada tahun lalu lebih dari 9.900 relawan membersihkan lebih dari 9.100 kilogram sampah selama ICC," pungkasnya.

 


Reporter: A.A Gede Agung
Editor: Putri Kartika Utami